Posted by: adheardhie | August 15, 2011

Kemerdekaan: Merengkuh Nikmat Dalam Hikmah Bulan Ramadhan

Merdeka . . Merdeka . .

Allahu Akbar !! Allahu Akbar !!

Begitulah seruan yang terdengar ketika itu, ketika Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Tangis haru penuh bahagia tampak pada wajah-wajah orang yang hadir saat itu. Tak hanya mereka, bahkan jutaan warga Indonesia yang mendengar pengumuman tersebut baik lewat radio ataupun media informasinya ikut merasakannya. Betapa tidak, hampir setengah abad rakyat Indonesia berada dalam jajahan.

Begitulah kiranya flashback Kemerdekaan Indonesia yang tak terasa kini mencapai 66 tahun. Kiranya semua sepakat, bahwa Peringatan Kemerdekaan Indonesia kali ini begitu istimewa. Mengapa ?? Karena Peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun ini seperti menggambarkan keadaan 66 tahun yang lalu, dimana Kemerdekaan Indonesia diumumkan pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan. . Subhanallah, sebuah sekenario besar yang telah Allah gariskan..

Sebagai seoarang mukmin sejati, layaklah kita untuk mensyukuri semua itu. Semua itu tidak akan terjadi tanpa kehendak dari Allah SWT. Allah yang Maha Mengatur atas kejadian setiap manusia. Meskipun ada sebagian orang yang tidak senang ketika mendengar “Peringatan Kemerdakaan Indonesia” dengan alasana bahwa Kemerdekaan Indonesia bukanlah diperjuangkan untuk Islam, namun alangkah bijaknya apabila kita menyikapi Kemerdekaan Indonesia tersebut dalam kacamata islam dengan baik. Lihat, betapa gigihnya para pejuang kita yang didalamnya terdapat banyak Ulama dalam memerdekakan Negara Indonesia dari tangan para penjajah. Kita tidak boleh menutup mata dengan mengatakan bahwa Merdeka-nya Negara Indonesia bukanlah untuk Islam. Jika kita bisa sedikit intropeksi diri, bahwa ketika Rasulullah SAW berdakwah di Madinah dan memerdekakan Negara Madinah dari kafir Quraisy hingga akhirnya didirikan Negara Islam, kemerdekaan itu bukan berarti Islam bisa berkuasa dengan semaunya, tapi Rasulullah tetap berlaku adil terhadap kaum Quraisy dengan tetap memberikan mereka kesempatan untuk tinggal di bawah naungan Islam. Memang Indonesia bukanlah Negara Islam, tapi mayoritas penduduk kita beragama Islam (meskipun banyak yang hanya Islam KTP).

Setidaknya, dengan adanya Kemerdekaan tersebut banyak memberikan ruang untuk para Pendakwah Islam menyebarkan ajaran Islam. Inilah hikmah kemerdekaan sesungguhnya bagi Islam. Kemerdekaan bagi Islam untuk mensyi’arkan ajaran agama Rasulullah SAW yang mulia. Meskipun negara ini tidak seratus persen berada dalam naungan Islam. Mari kita sejenak berpikir, jika saja saat itu kemerdekaan tidak diraih, bisa dibayangkan betapa sulitnya ajaran Islam untuk menyebar ke seluruh pelosok Indonesia dikarenakan ketatnya pengawasan dari kaum penjajah yang mayoritas Kafir.

Maka, Nikmat Tuhan (Allah) manakah yang engaku dustakan ????

Kini, history peristiwa besar tersebut akan kembali kita kenang bertepatan di bulan suci Ramadhan. Tanggal 17 Agustus 2011 (17 Ramadhan 1432 H) akan menjadi saksi biksu atas terkenangnya peristiwa yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 (17 Ramadhan 1366 H) tersebut. Semoga kejadian itu mengingatkan kita akan besarnya perjuangan para Ulama untuk memerdekakan Indonesia yang menjadikan Islam dapat tersyi’ar di Negeri Indonesia yang kita cintai ini.

Dan semua itu tidak akan bisa kita resapi tanpa Iman dan Akhlak. Iman atas Qudrat-Nya Allah dan berakhlak mulia dengan mencintai Negara Indonesia ini. Inilah Islam, yang selalu mengajarakan kita akan pentingnya menghargai dan menghormati, apalagi terhadap para pejuang Islam di era kemerdekaan. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Bukanlah termasuk golonganku, siapa saja yang tidak menghormati yang lebih tua dan tidak mencintai dan mengasihi yang lebih muda”. Semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan tersebut. Golongan yang tidak  pernah menghargai dan menghormati orang tua kita (Ulama) yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Do’a kita : “Ya Allah jadikanlah negara kami (Indonesia) negara yang Baldatun Thoyyibah Wa Rabbun Ghoffur” amin….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: