Posted by: adheardhie | August 16, 2011

PENDAHULUAN KEPASKIBRAAN

Latar Belakang

Peserta didik yang kami bina juga, merupakan generasi muda dan kader penerus perjuangan bangsa adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Sesuai dengan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) menyatakan bahwa, generasi muda yang didalmnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Pembinaan dan pengembangan generasi muda sebagi sumber insani sangat luas ruang lingkupnya. Maka, dengan ini kami akan membentuk dan melatih secara resmi sebuah tim Paskibra yang mengingat pentingnya pelaksanaan Pengibaran Bendera di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Sirojul Huda.

Dengan uraian diatas, maka kami bermaksud memberikan bekal kepada siswa/I untuk selanjutnya atas prakarsa sendiri menambah, meningkatkan dan mengembangkan dirinya maupun lingkungannya kearah terciptanya martabat, mutu dan kemampuan manusia yang optimal dan pribadi yang mandiri.

Salah-satu materi pembinaan kesiswaan seperti yang tercantum dalam keputusan materi pendidikan dan kebudayaan No. 046/U/1984, tentang pembinaan kesiswaan adalah pendidikan pendahuluan bela Negara, hal ini yang membuat kami berinisiatif untuk membuat sebuah organisasi tim Paskibra dibawah naungan Sekolah.

Pendidikan pendahuluan Bela Negara, juga sebagai latihan awal yang diselenggarakan di Sekolah melalui Baris-berbaris selain bertujuan melaksanakan salah satu kegiatan pendahuluan dan Negara, juga sebagai latihan awal bagi siswa dalam pelaksanaan pengibaran bendera dan bertujuan untuk menambahkan disiplin, mempertebal rasa semangat kebangsaan, patriotisme serta rasa tanggung jawab yang tinggi bagi para siswa.

Dasar

  1. UUD 1945
  2. UUD Republik Indonesia No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Dasar
  3. Peraturan pemerintah No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar
  4. Peraturan pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah
  5. Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0461/U/1984 tanggal 18 Oktober 1984 tentang Pembinaan Kesiswaan
  6. Keputusan jenderal Pendidikan dasar dan Menengah No. 13090/C/1/1984 tentang Wawasan wiyata Mandala.

Maksud dan tujuan

1. Maksud

Maksud kami membentuk tim Paskibra adalah untuk membantu dalam pelaksanaan pengibaran Bendera yang dimanajemen dengan baik, juga membentuk jiwa yang disiplin dengan landasan keimanan kepada Allah SWT.

2. Tujuan

Untuk kelancaran dalam pelaksanaan pengibaran Bendera yang merupakan kewajiban bagi setiap warga Negara Indonesia yang harus dilaksanakan serta mempertebal rasa semangat dan kebangsaan, patriotisme bagi siswa, sehingga dapat tercipta tanggung jawab yang tinggi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: